MAJLIS KITAB MUWATTA
Imam Malik bin Anas
Matan Hadis
4 - مَالِكٌ عَنْ يَحْيَى
بْنِ سَعِيدٍ ، عَنْ عَمْرَةَ
بِنْتِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ ، عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ
النَّبِيِّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - أَنَّهَا قَالَتْ : إِنْ
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - لَيُصَلِّي
الصُّبْحَ ، فَيَنْصَرِفُ النِّسَاءُ مُتَلَفِّعَاتٌ بِمُرُوطِهِنَّ ، مَا
يُعْرَفْنَ مِنَ الْغَلَسِ
Makna Hadis
Telah menceritakan kepadaku Yahya dari Malik dari [Yahya
bin Sa'id] dari ['Amrah binti Abdurrahman] dari [Aisyah] istri
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dia berkata; "ketika
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam selesai shalat subuh, kaum wanita
keluar dengan keadaan tertutup dengan kain mereka, dan mereka
tidak dikenali
karena
gelap’’.
Pengenalan Perawi Hadis
AMRAH BINTI ABDURRAHMAN
“Sang
Perawi Hadits”
Khalifah Umar bin Abdul Aziz berkata, “Tidak ada lagi orang
yang lebih mengetahui hadits-hadits Ibunda Aisyah, yang masih hidup, kecuali
Amrah.”
Yahya bin Ma’in berkata, “Amrah binti Abdurrahman adalah
periwayat yang haditsnya dapat diterima dan dijadikan hujjah.”
Imam Adz-Dzahabi berkata, “Amrah adalah seorang ulama, ahli
fiqih, saudara ilmu, dan haditsnya dapat dijadikan hujjah.”
Hadits-hadits Riwayat Amrah
Pada saat kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz beliau
memerintahkan untuk segera dilaksanakan kodifikasi hadits-hadits Rasulullah
saw. Beliau pun mengirim surat kepada Abu Bakar bin Muhammad bin Amr bin Hazm
di Madinah, “kumpulkanlah hadits-hadits Rasulullah saw., juga sunah-sunah yang
sedang dilaksanakan umat Islam, serta hadits-hadits Amrah. Tulislah semuanya.
Kulakukan hal ini karena aku sangat takut ilmu akan hilang dan ulama akan
habis.”
Dalam
Asuhan Ibunda Aisyah ra.
Adalah salah satu murid Ibunda Aisyah ra. yang sangat
cerdas. Periwayatannya tentang hadits-hadits Ibunda Aisyah sangat lengkap.
Termasuk hadits-hadits yang tidak dapat diketahui oleh orang lain, tentang
kehidupan dan kebiasaan RAsulullah saw. sehari-hari.
Semua itu berawal dari pendidikan tarbiyah Ibunda Aisyah
ra. yang dapat melahirkan wanita dengan segala kelebihannya yang tidak dimiliki
wanita sezamannya, baik dalam hal fiqih, mahupun ilmu hadits.
Perawi yang Faqih
Tidak hanya meriwayatkan hadits dari Ibunda Aisyah ra.,
tetapi beliau juga meriwayatkan dari Ibunda Ummu Salamah ra., Ummu Hisyam binti
Harits bin Nu’man Al Anshariyah ra., Habibah binti Sahal, dan Ummu Habibah
Himnah binti Jahsiy ra.
Kewafatan
Setiap waktu, beliau selalu dalam keadaan siap untuk bertemu dengan Allah swt. Beliau mempunyai
tanah perkebunan di dekat Baqi’. Ketika hampir meninggal, ia berkata kepada
sepupunya Muhammad bin Abdurrahman dan anak-anaknya, “Berikan kepadaku tanah
kuburan yang dekat dengan kebun itu. Sesungguhnya, aku pernah mendengar Ibunda
Aisyah ra. berkata, ‘Mematahkan tulang orang yang sudah mati sama seperti
mematahkan tulangnya ketika masih hidup.’”
Dan berpulangkah beliau pada tahun 98 Hijriyah di kuburkan
di Madinah dekat Baqi’. Semoga Allah swt. Melimpahkan rahmat dan menerangi
kuburannya.
FAEDAH HADIS
1. Menurut Ibnu Abd Barr ; dalam hadis ini menyebut
‘taghlis
bi solati subhi’ . Ini afdal di sisi kami ( maliki) kerana ianya adalah solatnya
Nabi dan Abu Bakar dan Umar. Lafaz hadis ini menunjukkan bahawa Nabi sentiasa
solat subuh di waktu ini.
2. Berdalilkan ‘taghlis’
di
dalam hadis maka Asyafie, Ahmad bin Hanbal dan kebanyakkan fuqaha Hijaz berpendapat adalah afdal solat Subuh diwaktu ini. (awal
waktu)
3. Manakala Ulama Kufah berpendapat solat Subuh afdal di waktu ‘asfar’ (kekuningan)
4. Hadis ini juga memberi petunjuk bahawa wanita-wanita di zaman Nabi S.A.W menghadiri solat berjemaah.
وَفِيهَا جَوَازُ حُضُورِ
النِّسَاءِ الْجَمَاعَةَ فِي الْمَسْجِدِ وَهُوَ إِذَا لَمْ يُخْشَ فِتْنَةٌ
عَلَيْهِنَّ أَوْ بِهِنَّ
(syarh sahih muslim an-nawawi)
Hadis ini juga terdapat di dalam kitab-kitab hadis berikut ;
المعجم الأوسط
التلخيص الحبير
سنن أبي داود
سنن ابن ماجه
سنن الترمذي
سنن الدارمي
سنن النسائي
صحيح ابن خزيمة
صحيح البخاري
صحيح مسلم
مسند الإمام أحمد
موطأ مالك
Hadis Bukhari
No. Hadist: 820
§حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ ح و حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ يَحْيَى بْنِ
سَعِيدٍ عَنْ عَمْرَةَ بِنْتِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ إِنْ كَانَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيُصَلِّي الصُّبْحَ
فَيَنْصَرِفُ النِّسَاءُ مُتَلَفِّعَاتٍ بِمُرُوطِهِنَّ مَا يُعْرَفْنَ مِنْ
الْغَلَسِ
Telah menceritakan kepada kami 'Abdullah bin Maslamah dari Malik.
(dalam jalur lain disebutkan)
Telah menceritakan kepada kami 'Abdullah bin Yusuf berkata,
telah mengabarkan kepada kami Malik dari Yahya bin Sa'id
dari 'Amrah binti 'Abdurrahman dari 'Aisyah ia berkata,"Jika Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam melaksanakan shalat Shubuh, maka para wanita yang ikut berjama'ah
datang dengan menutup wajah mereka dengan tanpa diketahui oleh seorangpun
karena hari masih gelap."
§
§SELESAI
WALHAMDULILLAHI
RABBIL ALAMIN
§
No comments:
Post a Comment